6 Cara Buat Ruangan Sempit Jadi Lega

Saat ini, tinggal di rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas memang bukanlah sebuah masalah yang besar. Hal yang paling penting adalah dengan bisa tinggal dengan nyaman dan tenang di dalam rumah sesuai dengan fungsi utamanya sebagai tempat tinggal. Saat ini masalah tanah yang semakin sedikit namun tidak diiringi dengan permintaan akan tanah yang semakin banyak tentu membuat harga tanah menjadi semakin mahal.

Karena harga tanah yang semakin mahal, begitu pula halnya dengan harga rumah yang ikut merangkak naik. Itulah yang membuat pada saat ini semakin banyak juga orang yang tinggal di hunian yang memang berukuran tidak terlalu besar. Karena ukurannya tersebut, biaya membangun yang dimulai dari harga tanah, biaya bahan bangunan yang diperlukan, juga biaya upah untuk tukang bangunan juga akan tertekan.

Tidak usah khawatir jika Anda merasa ruangan di rumah Anda sangat sempit dan membuat Anda tidak nyaman, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rumah Anda walaupun berukuran kecil, tapi bisa jadi lega.

  1. Ukuran Furnitur

Karena ruangan yang berukuran kecil, tidak melulu ukuran furniturnya harus berukuran kecil juga. Anda bisa menggunakan berbagai macam ukuran furnitur dari yang besar sampai yang kecil untuk digunakan. Misalnya untuk ruang tamu, Anda bisa menggunakan sofa yang berukuran cukup besar tetapi diiringi dengan bantal-bantal yang berukuran kecil sebagai penghias dan membuat sofa jadi lebih manis.

  1. Cahaya Alami

Jika di dalam ruangan tersebut terdapat jendela, seringlah membuka jendela terutama di pagi dan siang hari agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dan membuat ruangan jadi terang dengan sinar matahari alami. Hindari juga penggunaan kain gorden yang menutup jendela dengan kain yang tebal, lebih baik gunakan kain seperti renda-renda yang tipis agar matahari bisa masuk meskipun tidak dibuka terus-menerus.

  1. Tekstur Unik

Penggunaan sarung bantal, sprei, karpet atau gorden dengan tekstur dan motif unik tak membuat kesan yang baru dan unik juga membuat kesan yang lega karena adanya perbedaan antara satu teksur atau motif dengan bagian lain yang polos.

  1. Furnitur Kaki Ramping

Beberapa perabotan dengan kaki yang datar dan seluruh bagian bawahnya bersentuhan langsung dengan lantai tentunya akan membuat kesan bahwa ruangan tersebut penuh dan sumpek karena tidak ada lagi bagian yang kosong. Lain halnya jika Anda menggunakan furniture dengan kaki-kaki yang ramping di setiap ujung sudut-sudutnya. Bagian kosong yang ditunjukkan oleh furnitur tersebut membuat ruangan terlihat jadi sedikit lebih luas dan lega.

  1. Tipuan Mata

Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan perabotan yang menggantung di dinding, apalagi di ruangan Anda yang bisa dikatakan cukup sempit tersebut. Sama halnya dengan penggunaan furnitur dengan kaki-kakinya yang ramping, gunakanlah rak buku yang terbuka pada bagian belakangnya sehingga terlihat bagian temboknya agar membantu untuk memberikan kesan yang lapang. Tak hanya itu, cermin juga selalu menjadi salah satu penyelamat bagi ruangan yang sempit. Manfaatkanlah dinding yang kosong dan pasanglah cermin yang berukuran besar di sana.

  1. Hadirkanlah Ruang

Ini akan terdengar cukup lucu bagi Anda, tapi cara ini cukup menarik dan bisa diaplikasikan di ruangan Anda. Coba buat ruang lagi di dalam ruangan Anda. Tak perlu dibuat tembok di setiap sisinya, cukup buat tembok imajiner saja. Misalnya, Anda ingin membuat ruang khusus untuk membaca. Letakkan sebuah meja kecil dan sofa yang nyaman di sudut ruangan dan letakkan karpet di bawahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*