6 Tips Membawa Anak Saat Travelling Naik Kereta Api

Berwisata bersama keluarga adalah hal yang perlu dilakukan, setidaknya sekali dalam satu tahun. Cara ini dapat mempererat hubungan keluarga, antara orang tua dengan anak, ataupun orang tua dengan orang tua. Melakukan perjalanan dengan naik kereta api adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya perjalanan.

6 Tips nyaman membawa anak travelling naik kereta api

 

Meski memakan waktu tempuh yang tidak singkat, kereta api bisa menjadi solusi untuk membuat perjalanan wisata menjadi lebih menarik. Selain itu, biaya yang murah bisa menghemat biaya perjalanan, kemudian dialokasikan untuk pengeluaran lainnya.

PT KAI menyediakan tiga kelas yang bisa dipilih oleh setiap keluarga yang membawa anak atau yang ingin berwisata dengan banyak anggota keluarga. Kelas seperti Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif bisa menjadi pilihan yang tepat jika disesuaikan dengan kebutuhan.

Tiket untuk ketiga kelas tersebut dijual dengan harga yang berbeda. Jika ingin mendapatkan harga tiket yang sangat murah, pembeli bisa mengandalkan kelas Ekonomi. Namun, jika memiliki banyak biaya, kereta api kelas Eksekutif akan menjadi akomodasi yang sangat nyaman untuk digunakan selama perjalanan.

Sekarang ini, tiket perjalanan untuk kereta api dengan segala jenis kelas bisa didapatkan secara online. Salah satunya, melalui situs web atau aplikasi Traveloka. Dengan aplikasi ini, calon penumpang bisa memesan tiket kereta api yang diinginkan jauh-jauh hari, dengan harga yang lebih murah dari harga loket stasiun.

Namun, jika ingin melakukan perjalanan bersama anak-anak, pastikan Anda mengutamakan kenyamanan mereka. Meski sedikit lebih mahal, pilihan kelas Bisnis atau Eksekutif bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghindari ketidaknyamanan anak saat berada di kereta.

Tak sekadar memilih kelas yang tepat, penumpang yang membawa anak-anak juga perlu memperhatikan hal-hal penting lainnya selama melakukan perjalanan dengan kereta api. Apa saja hal penting tersebut? Simak 6 hal berikut ini:

Beri informasi kepada anak

Sebelum melakukan perjalanan yang memakan waktu lama, berilah informasi kepada anak bahwa mereka akan turut serta dalam perjalanan tersebut. Pastikan mereka mengerti dan tertarik akan konsep berwisata dengan kereta api. Dengan begitu, saat anak-anak berada di dalam kereta api, mereka akan bersemangat dan merasa nyaman dengan kondisi di sekitarnya.

Bawa makanan dan camilan kesukaan

Membawa makanan dan camilan kesukaan anak adalah hal utama yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan perjalanan dengan kereta. Ajaklah mereka untuk memilih makanan dan camilan favoritnya sebelum melakukan perjalanan. Sediakan porsi berlebih agar saat camilan telah habis, anak tetap bisa menikmati perjalanan sambil makan atau minum.

Bawa jaket dan selimut

Membawa perlengkapan tidur terutama jaket/sweater dan selimut sangat penting untuk Anda lakukan. Apalagi, jika Anda dan anak harus melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu sangat lama. Pendingin ruangan pada kereta api seringkali terasa dingin, terutama pada malam hari, sehingga keberadaan jaket dan selimut akan sangat membantu memberikan kehangatan pada anak.

Bawa mainan

Perjalanan dengan kereta bersama anak. ©Eurocars.ro

Anak-anak tentu tidak akan merasa bosan dengan mainan kesukaannya. Itulah mengapa membawa mainan sangat penting untuk dilakukan para orang tua saat membawa anak di kereta. Dengan mainan tersebut, anak-anak akan merasa lebih nyaman dan lupa akan lamanya perjalanan yang sedang dilakukan.

Memilih tempat duduk yang tepat

Banyak waktu harus dilewatkan selama menempuh perjalanan dengan kereta api. Itulah mengapa tempat duduk haruslah terasa nyaman dan berada di lokasi yang tepat. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela dan letakkan atau pangku anak di sana. Dengan begitu, mereka bisa melihat pemandangan indah di luar kereta api. Hal ini dapat membuat mereka lebih bersemangat melakukan perjalanan dengan kereta api.

Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan bantal duduk tambahan yang bisa dibawa dari rumah. Tempatkan bantal tersebut di atas kursi kereta api, sehingga membuat kursi lebih empuk dan anak tetap nyaman meski berada lama di atasnya.

Duduk tak berjauhan dengan toilet

Pastikan untuk memilih tempat duduk yang tidak berjauhan dengan lokasi toilet kereta api. Hal ini bertujuan untuk memudahkan orang tua membawa anak-anak yang hendak ke toilet berulang kali. Toilet kereta api kini telah diciptakan lebih nyaman daripada tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, saat duduk dekat dengan lokasi toilet, penumpang tetap akan nyaman tanpa harus mencium aroma tak sedap.

Keenam hal tersebut di atas adalah hal tambahan yang perlu diperhatikan orang tua saat memutuskan membawa anak dalam perjalanan naik kereta api. Persiapan yang baik akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Jadi, sudah siap berwisata bersama anak-anak dan keluarga besar di tahun ini?

1 Trackback / Pingback

  1. Begini Cara Cek Tiket Kereta Api dan Pembeliannya di Tokopedia | Ellicat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*